Kamis, 31 Desember 2009

Perintah Dasar Linux Lengkap

Perintah Dasar Linux

Perintah untuk berbagai operasi dasar di sistem operasi linux,  beserta penjelasannya, dapat
dilihat pada artikel yang telah  disusun sebagai berikut:
              Perintah           Keterangan      
             any_command  --help           Menampilkan keterangan bantu tentang pemakaian perintah. "--help" sama dengan                     perintah pada DOS "/h".      
             ls           Melihat isi file dari direktori aktif. Pada linux perintah dir hanya berupa alias dari perintah ls. Untuk perintah ls sendiri sering dibuatkan alias ls --color, agar pada waktu di ls ditampilkan warna-warna sesuai dengan file-filenya, biasanya hijau untuk execute, dsb.      
             ls -al           Melihat seluruh isi file pada direktori aktif beserta file hidden, lalu ditampilkan layar per layar.      
             cd  directory          Change directory. Menggunakan cd tanpa nama direktori akan menghantarkan anda ke home direktori. Dan cd - akan menghantarkan anda ke direktori sebelumnya.      
             cp  source destination          Mengopi suatu file      
             mcopy  source destination          Mengcopy suatu file dari/ke dos filesystem. Contoh mcopy a:autoexec.bat ~/junk . Gunakan man mtools untuk command yang sejenis : mdir, mcd, mren, mmove, mdel, mmd, mrd, mformat....      
             mv  source destination          Memindahkan atau mengganti nama file      
             ln -s  source destination          Membuat Simbolic Links, contoh ln -sf  /usr/X11R6/bin/XF86_SVGA /etc/X11/X, membuat Simbolic link dari file  XF86_SVGA ke X      
             rm  files          Menghapus file      
             mkdir  directory          Membuat direktori baru      
             rmdir  directory          Menghapus direktori yang telah kosong      
             rm -r  files          (recursive remove) Menghapus file, direktori dan  subdirektorinya. Hati-hati menggunakan perintah ini apabila anda login  sebagai root, karena root dengan mudah dapat menghapus seluruh file  pada sistem dengan perintah di atas, tidak ada perintah untuk undelete  di Linux      
             more           Untuk melihat isi suatu file, dengan tambahan perintah more, maka isi file tersebut ditampilkan layar per layar.      
             less  filename          Melihat suatu file layar per layar, dan tekan tombol "q" apabila ingin keluar,      
             pico  filename          Edit suatu text file.      
             pico -w  filename          Edit suatu text file, dengan menonaktifkan fungsi word wrap, sangat berguna untuk mengedit file seperti /etc/fstab.      
             lynx  file.html          Melihat file html atau browse ke net dengan text mode, dimana  gambar/image tidak dapat ditampilkan, tapi lynx adalah suatu browser  yang sangat cepat, sangat berguna bila anda hanya menginginkan suatu  artikel tanpa image.      
             tar -zxvf  filename.tar.gz          Meng-untar sebuah file tar sekaligus meng-uncompress file  tersebut (*.tar.gz atau *.tgz), untuk meletakkannya direktori yg  diinginkan tambahkan option -C direktori, contoh tar -zxvf filename.tar.gz -C /opt (meletakkan file tersebut di direktori /opt      
             tar -xvf  filename.tar          Meng-untar sebuah file tar yang tidak terkompress (*.tar).      
             gunzip  filename.gz          Meng-uncompress sebuah file zip (*.gz" or *.z). dengan  menggunakan gzip (juga zip atau compress) jika anda menginginkan  mengompress file.      
             bunzip2  filename.bz2          Meng-uncompress file dengan format (*.bz2) dengan utiliti "bzip2", digunakan pada file yang besar.      
             unzip  filename.zip          Meng-uncompress file dengan format (*.zip) dengan utiliti "unzip" yang kompatibel dengan pkzip for DOS.      
             find / -name  "filename"          Mencari "namafile" pada komputer anda dimulai dengan direktori /. Namafile tersebut mungkin saja berisi wildcard (*,?).      
             locate  filename          Mencari file dengan string "filename". Sangat mudah dan cepat dari perintah di atas.      
             pine           Email reader yang sangat mudah digunakan, dan menjadi favorit  banyak pemakai mesin Unix. Atau anda bisa pakai email yang sangat  customize, yaitu mutt ,      
             talk  username1          Berbicara dengan keyboard dengan user lain yg sedang login pada mesin kita (atau gunakan talk  username1@machinename untuk berbicara dengan komputer lain).  Untuk menerima undangan percakapan, ketikkan talk username2. Jika seseorang mencoba untuk berbicara dengan anda dan itu dirasakan mengganggu, anda bisa menggunakan perintah mesg n untuk menolak pesan tersebut. Dan gunakan perintah who atau rwho untuk melihat siapa user yang mengganggu tersebut.      
             mc           Menjalankan "Morton Commander" ... eh... salah maksudnya "Midnight Commander" sebagai file manager, cepat dan bagus.      
             telnet  server          Untuk menghubungkan komputer kita ke komputer lain dengan  menggunakan protokol TELNET. Gunakan nama mesin atau Nomor IP mesin,  dan anda akan mendapatkan prompt login name dari mesin tersebut,  masukkan passwordnya, oh ya .. anda juga harus punya account di mesin  remote tersebut. Telnet akan menghubungkan anda dengan komputer lain  dan membiarkan anda untuk mengoperasikan mesin tersebut. Telnet sangat  tidak aman, setiap yang anda ketik menjadi "open text", juga dengan  password anda! Gunakan  ssh  alih-alih telnet untuk mengakses mesin secara remote.
   
             rlogin  server          (remote login) Menghubungkan anda kekomputer lain. Loginname  dan password, tetapi apabila account anda tersebut telah dipakai, maka  anda akan mendapatkan pesan kesalahan pada password anda. Sangat tidak  aman juga, gunakan  ssh  sebagai gantinya.
   
             rsh  server          (remote shell) Jalan lain untuk menghubungkan anda ke remote  machine. Apabila login name/password anda sedang dipakai di remote  mesin tsb, maka password anda tidak akan berlaku. Idem dengan rlogin,  gantikan dengan  ssh .
   
             ftp  server          Ftp ke mesin lain, ini sangat berguna untuk mengopy file ke/dari remote mesin. Juga tidak aman, gunakan  scp  dari keluarga
ssh  sebagai gantinya.
   
             minicom           Program Minicom (dapat dikatakan seperti "Procomm/Hyperterminal for Linux").      
             ./program_name           Menjalankan program pada direktori aktif, yang mana tidak terdapat pada PATH anda      
             xinit           Menjalankan X-window server (tanpa windows manager).      
             startx           Menjalankan X-window server dan meload default windows manager. Sama seperti perintah "win" under DOS dengan Win3.1      

             startx -- :1           Menjalankan sesi X-windows berikutnya pada display 1 (default  menggunakan display 0). Anda dapat menjalankan banyak GUI terminal  secara bersamaan, untuk pindah antar GUI gunakan  , ,  etc, tapi ini akan lebih banyak memakan memori.      
             xterm           (pada X terminal) ,menjalankan X-windows terminal. Untuk keluar ketikkan exit      
             xboing           (pada X terminal). Sangat lucu deh ...., seperti games-games lama .....      
             gimp           (pada X terminal) Program image editor yang sangat bagus,  bisa disamakan dengan Adobe Photoshop, yang membedakan adalah program  ini gratis.      
             netscape           (pada X terminal) menjalankan netscape, versi pada waktu tulisan ini dibuat telah mencapai versi 4.7      
             netscape -display host:0.0
           (pada X terminal) menjalankan netscape pada mesin yang aktif dan menampilkan outputnya pada mesin yang bernama host display 0 screen 0. Anda harus memberikan akses untuk mesin aktif untuk menampilkannya pada mesin host dengan perintah xhost      
             shutdown -h now           (sebagai root) Shut down sistem. Umumnya digunakan untuk  remote shutdown. Gunakan  untuk shutdown pada  konsol (dapat dijalankan oleh user).      
             halt           reboot (sebagai root) Halt atau reboot mesin. Lebih simple dari perintah di atas.      
             man  topic          Menampilkan daftar dari sistem manual pages (help) sesuai dengan topic. Coba man man. lalu tekan q untuk keluar dari viewer. Perintah info topic Manual pages dapat dibaca dilhat dengan cara any_command --help.      
             apropos  topic          Menampilkan bantuan manual berdasarkan topik..      
             pwd           Melihat direktori kerja saat ini      
             hostname           Menampilkan nama local host (mesin dimana anda sedang bekerja). Gunakan perintah netconf (sebagai root) untuk merubah nama host dari mesin tersebut, atau edit file /etc/hosts      
             whoami           Mencetak login name anda      
             id  username          Mencetak user id (uid) atau group id (gid)      
             date           Mencetak atau merubah tanggal dan waktu pada komputer, contoh merubah tanggal dan waktu ke 2000-12-31 23:57 dengan perintah; date 123123572000      
             time           Melihat jumlah waktu yg ditangani untuk penyelesaian suatu proses + info lainnya. Jangan dibingungkan dengan perintah date      
             who           Melihat user yang login pada komputer kita.      
             rwho -a           Melihat semua user yg login pada network anda. Layanan  perintah rwho ini harus diaktifkan, jalankan setup sebagai root untuk  mengaktifkannya.      
             finger  username          Melihat informasi user, coba jalankan; finger root      
             last           Melihat user sebelumnya yang telah login di komputer.      
             uptime           Melihat jumlah waktu pemakaian komputer oleh seseorang, terhitung proses reboot terakhir.      
             ps           (=print status) Melihat proses-proses yang dijalankan oleh user      
             ps axu           Melihat seluruh proses yang dijalankan, walaupun tanpa terminal control, juga ditampilkan nama dari user untuk setiap proses.      
             top           Melihat proses yang berjalan, dengan urutan penggunaan cpu.      
             uname -a           Informasi system kernel anda      
             free           Informasi memory (dalam kilobytes).      
             df -h           (=disk free) Melihat informasi pemakaian disk pada seluruh system (in human-readable form)      
             du / -bh           (=disk usage) Melihat secara detil pemakaian disk untuk setiap direktori, dimulai dari root (in human legible form).      
             cat /proc/cpuinfo           Cpu info. Melihat file pada /proc directori yang bukan merupakan file nyata (not real files).      
             cat /proc/interrupts           Melihat alamat interrupt yang dipakai.      
             cat /proc/version           Versi dari Linux dan informasi lainnya.      
             cat /proc/filesystems           Melihat filesystem yang digunakan.      
             cat /etc/printcap           Melihat printer yang telah disetup      
             lsmod           (as root) Melihat module-module kernel yang telah di load.      
             set           Melihat environment dari user yang aktif      
             echo $PATH           Melihat isi dari variabel PATH. Perintah ini dapat digunakan untuk menampilkan variabel environmen lain dengan baik. Gunakan set untuk melihat environmen secara penuh.      
             dmesg           Mencetak pesan-pesan pada waktu proses boot. (menampilkan file: /var/log/dmesg).      
             clear           Membersihkan layar.      
             adduser           Menambah pengguna.    

             useradd              Menambah pengguna.   
             passwd [nama user]    memberikan password pada user

0 komentar:

Posting Komentar

 

smart Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template