Selasa, 29 Desember 2009

Macam-macam Port dan Definisi Port

Port 80 , Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat ip atau hostname di web browser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80.

Port 81, Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port alternatif hosting website.

Port 21, FTP Server  ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server

Port 22, SSH Secure Shell port ini digunakan untuk port SSH

Port 23, Telnet jika anda menjalankanserver telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet.

Port 25, SMTP (Simple Mail Transport Protcol) ketika seorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yang digunakan adalah port 25

Port 2525 SMTP alternatif Server port 2525 adalah port alternatif aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standart port, namun dapat digunakan apabila port SMTP terkena blok.

Port 110, POP Server jika anda menggunakan Mail Server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protocol0 atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protocol untuk mengakses mail box

Port 119, News (NNTP) Server

Port 3389, Remote Desktop port ini adalah untuk remote desktop di WinXP

Port 389, LDAP Server LDAP Directory Access Protocol menjadi populer untk mengakses Direktory,  atau Nama, Telepon, Alamat direktori. Contoh untuk LDAP://LDAP.Bigfood.com adalah direktori server.

Port 143, IMAP4 Server IMAP4 atau Pesan Access Internet Protocol semakin populer dan digunakan untuk megambil Internet Mail dari server jauh. Disk lebih intensif, karena semua pesan yang disimpan di server , namun memungkinkan untuk mudah online, offlinedan diputuskan digunakan. 

Port 443 Secure Sockets Layer (SSL) Server ketika anda menjalankan server yang aman, SSL client ingin melakukan koneksi ke server anda aman akan menyambung pada port

Port 445 , SMB over IP, File Sharing kelemahan windows yang membuka port ini , biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port ini mudah dimasuki virus atau worm dan sebangsanya.

Port 1503 dan 1720 Microsoft NetMeeting dan VOIP
MS NetMeeting dan VOIP memungkinkan anda untuk meng-host Internet panggilan video.

Port 5900, Virtual Network Computing (VNC)
Bila anda menjalankan VNC server remote kontrol ke PC anda, menggunakan port 5900, VNC berguna jika anda ingin mengontrol remote server.

Port 111, Portmap
Port 3306, Mysql
Port 981, TCP 

0 komentar:

Posting Komentar

 

smart Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template