Sabtu, 02 Januari 2010

SEJARAH MOTHERBOARD

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, dibuat oleh Apple untukApple II-nya. Berdasarkan informasi yang kami dapat, dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori dapat ditempatkan di satu kartu tersendiri, kemudian dihubungkan dengan kabel-kabel sehingga Tampilannya terlihat lebih ruwethttp://suyono83.files.wordpress.com/2009/04/motherboard-parts.jpg.
Karena sangat repot dalam menghubungkan satu komponen PC dengan komponen yang lain, maka para pengembang
produk computer mempunyai suatu ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. akhirnya terciptalah suatu papan lebar yang berisi beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Dan nama papan itu dinamai motherboard.
Perkembangan awal motherboard berasal dari perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih banyak lagi produsen moherboard dari Taiwan.
Sekitar tahun 1980 sampai 1990, ada penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalam moterboard guna mendorong pencitraan motherboard kedalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan cara menggabungkan slot keyboard, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.
Jika diperhatikan, hingga saat ini bentuk yang standart dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan adalah PC/XT, kemudian IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.
Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). tetapi pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya yaitu mini ITX.
Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang. Di awal tahun 2000an, pengintegrasian pun diperluas. Motherboard kini dilengkapi dengan berbagai fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya soundboard.Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.
Motherboard biasa dibilang mainboard alias systemboard, ketiganya mengacu pada satu barang yang sama, yakni sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan.
Sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yaitu
1. System CPU (prosesor)
2. Sirkuit clock/timing
3. Ram
4. Cache
5. ROM BIOS
6. I/O port seperti port serial, port pararel, slot ekspansi, prot IDE.
Yang perlu diperhatikan!
Dari sebuah motherboard ada 7 buah komponen yang harus diperhatikan. Ketujuh komponen tersebut adalah :
1. Chipset
2. Tipe CPU
3. Slot memori
4. tipe memori
5. Cache memory
6. Sistem BIOS
7. Slot ekspansi
Port I/O dari sini lah dating masalah dari sebuah system PC bisa dilacak atau dideteksi. Kerusakan di luar 7 komponen tersebut biasanya jarang terjadi. Kemungkinan bila ketujuh komponen ini terlihat baik-baik saja, maka masalahnya terletak pada arsitektur motherboard itu sendiri, baik sirkuit-sirkuitnya, atau komponen-komponen yang dipergunakan.
Disini juga terdapat Komandan data dan proses yang biasa disebut chipset. Kenapa karena barang satu ini umumnya merupakan sepasang chip yang mengendalikan prosesor dan fitur-fitur hardware yang ada pada mortherboard secara menyeluruh. Sepasang chip ini, mempunyai sebutan yang pertama disebut North Bright chip dan satu lagi dipanggil South Bridge chip,bisa dibilang merupakan panglima tertinggi pada sebuah system bernama motherboard.
Saat ini, terdapat banyak motherboard dengan chipset yang berbeda-beda. Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan menentukan beberapa hal antara lain.
• Tipe prosesor yang biasa digunakan
• Jenis memori yang biasa mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya
• Kelengkapan I/O yang mampu disediakan
• Tipe display adapter yang bisa digunakan
• Lebar data pada motherboarad yang bisa didukung
• Ketersedian fitur-fitur tambahan (misalnya LAN, sound card, atau modem on board).
Bentuk-Bentuk Motherboard
Apa itu Motherboard? Apa Motherboard sama dengan MainBoard, dan SystemBoard?
jawaban nya adalah ya . MotherBoard, MainBoard, SystemBoard, semuanya sama.
Semuanya merujuk pada satu benda yang sama. Ini adalah komponen yang sangat penting dalam suatu system komputer. Kenapa ?
karena MotherBoard adalah tempat bergantung bagi semua komponen komputer lainnya. Jika processor kita umpamakan sebagai otak atau bagian kepala pada manusia, maka MotherBoard bisa kita anggap sebagai tubuh, atau badan.
Begitu juga dengan arti MotherBoard bagi sebuah komputer. Tanpa motherboard, komponen-komponen lain tidak akan bisa berfungsi.dan seperti halnya tubuh manusia, motherboard juga ternyata ikut berovolusi. Dari komputer generasi pertama, hingga generasi yang ada saat ini, MotherBoard terus mengalami perubahan bentuk. Berikut ini sejarah perkembangan bentuk dan nama motherboard.
PC and XT
Motherboard pertama yang populer adalah motherboard yang didesign untuk PC pertama, yaitu original IBM PC yang di release pada Agustus 1981. Kemudian IBM mengeluarkan versi keduanya, yaitu XT, yang di release pada Maret 1983. Motherboad untuk IBM PC dan XT ini mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
XT memiliki jumlah slot expansion yang lebih banyak. Coba bandingkan dari kedua gambar dibawah ini. Gambar pertama (kiri) menunjukkan motherboard untuk Original IBM PC. Sedangkan gambar kedua (kanan), menunjukkan motherboard untuk XT.
Full-Size AT
Full-Size AT ini mendapatkan debut pertamanya saat IBM memperkenalkan PC-AT (Advanced Technology) pada Agustus 1984. Motherboard ini di design untuk memenuhi kebutuhan processor 16 bit-286 dari Intel, yang membutuhkan lebih banyak ruang dari yang bisa disediakan oleh motherboard pendahulunya, XT. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
Baby-AT
IBM adalah produsen komputer pertama, yang menggunakan board terkecil. Yaitu saat IBM memperkenalkan XT-286 pada September 1986. Namun sayangnya, penggunaan nama “XT” ini rupanya membuat orang jadi bingung. Orang-orang mengira bahwa board XT-286 itu masih menggunakan teknologi yang sama dengan dengan board yang dibuat pada 1981 (IBM-XT).
Dan hal itu berakitbat buruk bagi penjualan XT-286.
Dan pada saat yang sama, perusahaan lain juga sedang mengembangkan board seukuran XT namun untuk kelas AT. Dan mereka berpikir, daripada memberi nama board tersebut dengan nama XT-size yang akhirnya juga akan membingungkan banyak orang, mereka akhirnya memutuskan untuk memberinya nama Baby-AT. Nama ini dipilih agar orang mengerti bahwa board tersebut telah menggunakan teknologi AT, namun menggunakan ukuran yang lebih kecil.
Dan pada dasarnya, Baby-AT ini mempunyai ukuran dan design yang sama dengan IBM XT. Bedanya terletak pada layout dari penempatan lubang untuk mur atau baut yang disesuaikan dengan gaya dari casing AT. Motherboard ini juga mempunyai tempat yang spesifik untuk keyboard, dan slot connector yang pas dengan lubang pada casing. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar dibawah ini.
Baby-AT ini bisa digunakan untuk menggantikan system yang menggunakan motherboard full-size AT. Baby-AT juga bisa fit dengan beberapa jenis design casing. Karena flexibilitasnya inilah, yang membuat Baby-AT sangat populer, sejak itu lah baby-AT inidigunakan dari tahun 1983 hingga awal tahun 1996.
LPX
Motherboard LPX dan mini-LPX ini secara original di kembangkan oleh Western Digital, tepatnya tahun 1987. Walau akhirnya Western Digital tidak lagi memproduksi motherboard, namun design asli dari LPX ini telah banyak ditiru dan terus diproduksi oleh pabrik pembuat motherboard lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

smart Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template