Sabtu, 02 Januari 2010

Nvidia Ungkap Core i7 Bukanlah Apa-Apa

nvidia-geforceo-5-4757-1
Lagi-lagi pertikaian antara kubu Nvidia dan Intel muncul ke permukaan. Namun kali ini datangnya dari pihak Nvidia sendiri yang mengatakan bahwa Intel Core i7 bukanlah apa-apa. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa dalam gaming, Core i7 adalah CPU yang sangat cocok, tapi justru Nvidia dengan sebelah mata mengatakan bahwa hal itu tidak benar.

Intel sendiri sempat mengklaim bahwa performa yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Core i7 sendiri bisa mencapai 80 persen. Ungkapan yang diucapkan oleh pihak Intel ini ternyata mengundang perhatian dari Tom Petersen, salah satu direktur teknikal marketing dari Nvidia.

“Saya sangat berkesan dengan pernyataan yang dibuat Intel, dan saya sendiri mencoba meneliti kenapa mereka bisa mengatakan hal semacam itu padahal baru mencobanya sebagai CPU dari 3DMark Vantage saja.”

Selain itu Tom Peterson sendiri menjelaskan bahwa untuk dapat mengetest sebuah CPU yang baik atau bukan, tak seharusnya cuma mencobanya sampai di situ. “Ini tak menjelaskan bahwa dapat mencakup kebutuhan dalam performa game. Yakinlah, jika Anda mengetesnya hanya seperti itu, memang kelihatannya Core i7 dapat berjalan dengan sangat cepat, tapi saya tak sependapat bahwa itu yang disebut performa game yang baik.”

Peterson sendiri memberikan contoh jika ia mencoba Core i7 sebagai pilihan akhir untuk game. Dia membandingkan dua sistem, yang disebut Core i7 965-based seperti “Hummer” sedangkan Core 2 Duo E8400 seperti BMW. Sudah jelas kelihatan sekali perbandingannya.

Nvidia menunjukkan graf dari benchmark test di berbagai sistem yang menjalankan Crysis Warhead, Fallout 3, Call Of Duty : World at War dan Far Cry 2 di resolusi 1920 x 1200. Dari test yang pernah diadakan dikatakan bahwa Core 2 Duo E8400 dan GeForce GTS 250 rata-rata berjalan di 41,6 fps. Dan rasio ini berubah menjadi 42,4 fps ketika diupgrade menjadi Core i7 965, dan menjadi lebih tinggi lagi ketika dijalankan pada GeForce GTX 260 sehingga rasionya berubah jadi 59.4 fps.

Dari sinilah bisa disimpulkan bahwa kecepatan sebuah CPU tidak lebih baik dari kecepatan GPU, dan lebih cocok dalam akselerasinya pada 3D sehingga lebih cepat dalam prosesnya.

“Faktanya, ketika Anda sedang main game dan menggunakan resolusi 1920 x 1200 atau lebih, Core 2 Duo dapat berjalan baik dengan berbagai game saat ini. Dalam game nyata, tidak ada perbedaan di antara Core i7 dan Core 2 Duo.” kata Peterson lagi.


0 komentar:

Posting Komentar

 

smart Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template